Articles

Pemberian Vitamin, Obat, Vaksin

May 21 2012

Pencegahan Penyakit :  Mencegah sebelum terjadi sama seperti sedia payung sebelum hujan. Jika memilhara Ayam tanpa vaksinasi itu sama seperti menyalakan bom waktu yang dapat meledak kapan saja yang berakibat matinya ayam-ayam secara masal.  

Pemberian Vitamin, Obat dan Vaksin

 

Pada topik ini kami hanya mengulas pemberian vitamin saja, sedangkan mengenai obat dan vaksinasi dapat dibaca lebih lengkap pada masalah penyakit dan vaksinasi pada bab yang terpisah.

Seperti halnya makhluk hidup yang lain ternyata vitamin juga dibutuhkan oleh ayam kampung petelur. Kami hanya menggunakan Amylit untuk menambah vitamin pada ayam. Penggunaan Amylit sangat sederhana yaitu cukup dicampurkan pada air minum.

Pemberian Amylit ini tidak perlu diberikan setiap hari cukup pada saat ayam selesai menjalani vaksinasi, pada musim kemarau yang terlalu panas ataupun pada saat produksi telur menurun tanpa sebab yang jelas. Kami biasanya memberikan campuran Amylit pada air minum sekali sehari selama 3 hari berturut-turut untuk memperbaiki kondisi tubuh ayam.

Namun tidak ada salahnya jika pemberian vitamin dijadikan rutinitas sebulan sekali selama 3 hari berturut-turut untuk meningkatkan performa ayam.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.