Articles

Pengangkatan Telor

May 21 2012

Penganggakatan Telor :  Mencegah telor pecah dan retak atau dimakan oleh ayam. Dan terutama hal ini untuk menjaga kualitas telor.  

Pengangkatan Telor

 

Pada topik ini kami hanya mengulas pemberian vitamin saja, sedangkan mengenai obat dan vaksinasi dapat dibaca lebih lengkap pada masalah penyakit dan vaksinasi pada bab yang terpisah.

Telur merupakan sumber finansial bagi para peternak ayam kampung petelur, sehingga telur-telur tersebut diperlakukan seperti emas. Namun sayangnya banyak peternak yang sering kehilangan kesempatan emas untuk mendulang rupiah akibat dari rusaknya telur.

Kami membedakan penyebab rusaknya telur di kandang baterai menjadi beberapa kategori yaitu:

1.     Masalah manusia

Manusia dalam hal ini petugas kandang sering melakukan kesalahan yang tidak perlu yaitu kurang hati-hati. Survey menunjukkan bahwa kerusakan telur pada kandang baterai biasanya disebabkan oleh factor manusia. Oleh sebab itu pengambilan telur dilakukan minimal 2 kali dalam sehari untuk mengurangi resiko pecahnya telur.

2.     Kandang baterai yang tidak memadai

Kandang baterai harus dibangun dengan sudut  dan kecuraman tertentu agar telur-telur tersebut tidak “terbang”. Kemiringan yang ideal adalah 9.5°, karena kemiringan itu memberikan benturan yang paling minimal. Faktor kerapian bangunan kandang baterai ikut mempengaruhi kerusakan telur seperti penggulungan kawat yang tidak rapi, jarak anatar sambungan kandang baterai yang terlalu jauh bahkan kandang baterai yang tersusun acak-acakan sehingga terlihat naik turun.Tidak jarang telur terperangkap dan menjadi pecah akibat kondisi kandang yang tidak memadai.

3.     Pakan ayam

Pembentukan telur ternyata dipengaruhi oleh konsumsi kalsium pada pakan ayam tersebut. Jika konsumsi kalsiumnya sedikit, bisa jadi kulit atau cangkang telurnya menjadi tipis dan rapuh. Pemberian kulit kerang yang ditumbuk halus dapat memperbaiki kualitas kulit telur tersebut.

4.     Ayam pemakan telur

Tidak jarang beberapa aym betina memakan telurnya sendiri atau telur tetangganya. Sebaiknya ayam yang bertingkah seperti ini dipindah atau diletakkan pada kandang yang berjauhan dengan ayam yang lain. Namun jika tetap memakan telur yang dihasilkannya sendiri lebih baik ayam ini dijadikan sebagai lauk makan siang saja.

 

Written By : Sauvani Juwita, dr.  : Year :2010.